MENERAPKAN KONSEP DALAM KEHIDUPAN

 Tuliskan dan jelaskan 1 materi yang sudah difahami (minimal 1 paragraf / 10 baris), kemudian sertakan bagaimana pengalaman ananda tentang materi tersebut atau bagaimana akan melaksanakan materi tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Tuliskan jawaban ananda di kolom komentar dengan menyebutkan: Nama lengkap dan kelas

Komentar

  1. Tsalisa majida davina
    XII Agama 20

    Assalamualaikum wr.wb.
    Saat ini saya mengambil bab 4 tentang kerjasama dan gotong royong,gotong royong merupakan istilah bekerja bersama untuk mencapai suatu hasil yang di inginkan.istilah ini berasal dari bahasa jawa gotong yang berarti " menangkat" sedang royong " bersama" , gotong royong digunakan sebagai bentuk solidaritas sosial, terbentuk karna adanya bantuan dari pihak lain, untuk kepentingan pribadi ataupun kepentingan kelompok sehingga di dalamnya terdapat sikap loyal dari setiap warga sebagai satu kesatuan.allah swt menegaskan bahwa prinsip dasar dalam menjalani kerjasama adalah harus dengan siapapun selama memilik tujuan kemaslahatan umum.untuk gotong royong sendiri saya pernah bahkan sering untuk melakukannya, seperti waktu saat membersihkan saluran air yang macet dengan bersama, karna dengan gotong royong semua akan terasa lebih mudah untuk mencapai sesuatu.

    BalasHapus
  2. 𝐍𝐀𝐌𝐀 : 𝐍𝐈𝐀 𝐑𝐀𝐌𝐀𝐃𝐀𝐍𝐈
    𝐊𝐄𝐋𝐀𝐒 : 𝟏𝟐 𝐀𝐆𝐀𝐌𝐀
    𝐍𝐎 : 𝟏𝟓

    𝐊𝐄𝐑𝐉𝐀𝐒𝐀𝐌𝐀 𝐃𝐀𝐍 𝐆𝐎𝐓𝐎𝐍𝐆 𝐑𝐎𝐘𝐎𝐍𝐆
    gotong royong diartikan sebagai bekerja bersama-sama dalam menyelesaikan pekerjaan dan menikmati hasil pekerjaan tersebut secara adil.
    terdapat pada 3 surat yaitu :
    • Qs. al-maidah : 2
    • Qs. al-asr : 1-3
    • Qs. at_taubah : 71

    cara saya untuk menerapkan gotong royong kedepannya yaitu dengan:
    • membantu orang tua membersihkan rumah
    • mengerjakan tugas kelompok ber sama-sama
    • kerja bakti bersama masyarakat
    • saling membantu jika terkena musibah

    Rasulullah saw. selalu menekankan untuk membangun rasa kebersamaan dengan cara bergotong royong dan saling membantu dalam hal kebaikan dan bukan membantu mereka untuk mengembangkan kemaksiatan

    BalasHapus
  3. Khotimatul Husna (09)27 November 2023 pukul 17.14

    BAB V ( MEMILIH MAKANAN DAN MINUMAN YANG HALAN DAN MENGHINDARI MAKANAN DAN MINUMAN YANG HARAM.

    • Penjelasan
    Sebagai umat muslim, tercantum dalam QS. Al-Baqarah(2): 172-173 yang artinya:

    172. "Hai orang-orang yang beriman, makanlah diantara rizki yang baik-baik yang
    kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar
    kepada-Nya kamu menyembah."

    173. "Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi,
    dan binatang yang (ketika disembilih) disebut (nama) selain Allah. Tetapi barang
    siapa dalam keadaan terpaksa (memakannya) sedang dia tidak menginginkannya
    dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya
    Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

    Dan setiap kaum muslim mengetahui yang haram dan halal baginya untuk dimakan. karena bagi mereka, lebih baik tidak mendapatkan apa-apa daripada harus mendapat dosa karena memakan dan meminum sesuatu yang haram.

    •Example :
    - Saya muslim dari kecil. dan juga, diajarkan tentang islam dari sekolah dasar hingga sekarang yang berdampak positif kepada saya. Dan saya menghindari makanan dan minum haram untuk selamanya bukan hanya karena dihukumi haram di dalam Al-Qur'an tapi juga menurut teori tidak baik untuk kesehatan.
    menurut medis, Daging babi yang kurang matang dapat mengandung parasit Trichinella spiralis, yang dapat menyebabkan infestasi cacing gelang pada manusia. Gejala infestasi cacing gelang meliputi kram perut, diare, demam, nyeri otot, dan rasa tidak nyaman pada perut. Dan jika, konsumsi daging babi secara berlebihan juga bisa memicu gangguan kesehatan. Pasalnya, kandungan lemak jenuh dalam daging babi sangat tinggi dan dapat meningkatkan kadar kolesterol darah. Jika kadar kolesterol darah tinggi, risiko terjadinya penyakit jantung pun akan meningkat.

    BalasHapus
  4. MUYESSAROH (13)

    KERJA SAMA & GOTONG ROYONG
    kegiatan yang dilakukan secara dua orang lebih atau bersama-sama dengan tujuan menolong secara sukarela (ikhlas) dalam berbagai aktivitas baik. Dengan adanya gotong royong banyak orang mempunyai rasa peduli yang tinggi,dapat meringankan pekerjaan, meningkatkan keterampilan sosial, mempererat hubungan sosial dan rasa persaudaraan bisa di lakukan dalam kehidupan sehari baik di lingkungan rumah masyarakat dan sekolah sebagaimana di jelaskan dalam QS. Al Maidah(2) da QS Al Asr (1-3)
    Cara menerapkan nya dlm kehidupan sehari² :
    1. Membantu orang tua membersihkan rumah
    berbagi tugas seperti menyapu, mengepel, dll
    2. Membantu ibu di dapur
    memasak atau menyiapkan makanan
    3. Melakukan piket kelas
    4. Mengikuti kegiatan bersama warga yang bernilai sosial
    seperti posyandu , jalan santai (sehat)

    BalasHapus
  5. Nama : Audina Noor Avivah
    No : 05
    Kelas : XII Agama
    Bab V MEMILIH MAKANAN DAN MINUMAN HALAL DAN BAIK
    SERTA MENGHINDARI MAKANAN DAN MINUMAN YANG HARAM
    Jawab:
    Jadi guys seperti yang kita ketahui makanan dan minuman itu terbagi menjadi 2 macam yaitu ada makanan halal dan ada juga makanan yang haram
    Nah makanan dan minuman halal itu contohnya: apapun makanan yang baik tidak kotor, dan tidak menjijikkan.
    Binatang yang hidup di dalam air, baik air laut maupun air tawar
    Jenis makanan yang tidak diharamkan oleh Allah, Rasul-Nya, dan para ulama
    Contoh makanan halal menurut hadis Alquran yakni ikan, ayam, belalang, ataupun Hewan yang gak bertaring deh guys dan ketika hewan itu disembelih Dengan menyebut nama Allah
    Nah kalau minuman yang halal nih contohnya :
    Semua jenis air atau cairan yang tidak membahayakan bagi kehidupan manusia.
    Air atau cairan yang tidak memabukkan.
    Air atau cairan tersebut bukan benda najis atau benda suci yang terkena najis
    Air atau cairan yang suci itu didapatkan dengan cara-cara yang halal yang tidak bertentangan dengan ajaran agama Islam.
    Contoh minuman halal yang dimaksud adalah susu, teh, kopi, atau herbal tradisional lain yang tidak memabukkan
    Nah sedangkan makanan yang haram itu adalah makanan yang dilarang oleh agama islam : contohnya babi, darah , bangkai dan binatang yang disembelih menyebut nama selain Allah itu haram sedangkan minumannya yaitu minuman yang memabukkan atau minuman yang mengandung alkohol
    Nah kalau bahas masalah makanan dan minuman yang halal nih sebenarnya boleh nggak si makan makanan haram kalau dalam kondisi genting? Atau kondisi gawat darurat? Contohnya nih misalnya kalian lagi ada di situasi yang dimana kalian laperrr banget tapi disitu hanya ada daging babi dan kalian sudah nggak kuat lagi tuhh jadii boleh boleh saja tapi secukupnya aja ya guys tapi setelah itu bertaubat ke pada Allah meminta maaf kepada Allah ada juga ketika sedang sakit dan hanya bisa disembuhkan dengan makan daging babi kalau tidak makan kalian bisa mati, terus apakah boleh ? Tentu saja boleh ya asalkan secukupnya saja
    Saya punya pengalaman waktu saya kelas 7 smp saya diajak ayah untuk pergi ke bali nah seperti yang kita ketahui nih kalau bali itu banyak yang jual daging babi nah disitu saya sangat berhati hati bahkan hampir dikit saja saya memakan daging babi bersyukur nya pada saat itu saya sudah menggunakan hijab ketika saya mau makan saya kira itu daging sapi tapi ternyata saat saya ingin memakannya ada orang yang menghampiri saya dan beliau bilang ' dek maaf adek agamanya islam kan yah? Setau saya gabole makan daging babi dan yang adek ambil itu daging babi ' begitu terkejutnya saya dan saya langsung mengucap terimakasih dan bersyukur Allah telah menyelamatkan saya jadi kalian harus hati hati ketika ada di suatu tempat yang rawan seperti itu, begitupun dengan minuman yang haram kita harus menjauhi nya walaupun zaman sekarang banyak sekali anak muda yang bilang kalau belum minum belum keren nah kalau begini udah salah pergaulan jadi kita harus pinter pinter mencari temen karena teman itu bisa menjerumuskan kita dan juga kita harus bisa menguatkan iman kita di zaman yang saat ini jangan sampai menyentuh apalagi meminumnya.

    BalasHapus
  6. Rahmat mustofa/Xllagama/16
    Pengalaman sy sehari hari tentang mensyukuri nikmat Allah.
    Bersyukur merupakan wujud terima kasih seorang hamba kepada Tuhan atas segala nikmat yang telah Dia limpahkan dan berikan kepada kita. Bersyukur tidak hanya cukup dengan mengucap alhamdulillah saja. Melainkan perlu dilakukan dengan amal perbuatan termasuk menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Seperti beribadah wajib, sedekah, menjalankan amalan sunah, segala bentuk kebaikan lainnya. Ada beberapa cara untuk membantumu bersyukur kepada-Nya, satu di antaranya selalu mengingat Allah dalam hati.

    BalasHapus
  7. Syafira Putri R.
    19 XI AGAMA


    Di sini saya mengambil bab 5 dari materi tafsir yang berjudul mensyukuri nikmat allah,Syukur adalah ungkapan rasa terima kasih dan pengakuan atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah atau Tuhan Yang Maha Esa.sedangkan yang di maksud nikmat yaitu sesuatu yang membuat kita senang.dalam kehidupan sehari-hari pun banyak sekali hal yang harus di sukuri,contoh hal kecil saja,seperti:minum, makan,hidup,belajar, berjalan,mengaji dan masih banyak yang lainnya saya pernah menerapkan nya contohnya ketika sesudah makan mengucap Alhamdulillah dan bersyukur telah di beri makan,karena belum tentu orang orang di luar sana bisa makan,ada yang harus mencari barang bekas terlebih dahulu,ada yang menjadi pengemis dahulu dan masih banyak lagi, saya juga bersyukur bisa sekolah,karena banyak di luar sana anak-anak yang putus sekolah hanya karena di suruh membantu mencari nafkah untuk keluarganya.jadi kita perlu mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan,sekecil apapun bentuknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Contoh ketika ada uang, ngadain selametan makan makan dan lain lain

      Hapus
  8. Nama:Ahmad Hanafi
    Kls:XII Agama
    Absen:02


    MEMBANGUN KEPERDULIAN SOSIAL ANTAR SESAMA

    1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
    2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong
    royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai
    bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
    dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan
    bangsa dalam pergaulan dunia
    3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual,
    konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
    pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
    kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
    fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
    kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
    masalah
    4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
    abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
    mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
    metoda sesuai dengan kaidah keilmuan


    contoh dalam kehidupan sehari² yang telah saya terapkan adalah memiliki sifat sosialisasi harus saling tolong menolong sesama makhluk hidup contohnya seperti :
    -saling tegur sapa jika bertemu
    -menjaga tali silaturahim
    -ikut gotong royong
    -sholat berjama'ah
    -membantu orang yg butuh bantuan
    -dll

    BalasHapus
  9. Nama:Shavin
    No absen:17
    Kelas:XII Agama

    Kepedulian sosial adalah rasa ingen membantu orang yang membutuhkan,tak hanya itu kepedulian sosial juga harus bersikap adil terhadap sesama, bertanggung jawab atas kesulitan yang dihadapi orang lain dan ada rasa ingin membantu untuk mengatasinya,tidak semua orang yang mungkin bisa menumbuhkan kepedulian sosial,melainkan butuh proses latihan dan didikan.

    Pengalaman saya adalah saya memiliki uang,nah uang itu akan saya belikan barang impian saya tapi pas ditengah jalan ada temen saya yang lagi kebingungan,nah saya tanya"kamu kenapa?"lalu dia jawab"aku lagi bingung,aku tidak punya sandal lagi buat aku bawa ke malang,sandalku copot,yang mau minta ke mama,mama lagi ga pegang uang"lalu saya bilang"ikut aku yok beli sandal,anggap saja ini kenangan dariku buat kamu"

    Nah habis itu kita berdua ke swalayan deh beli sandal,sampai saya melupakan barang yang ingin saya beli.

    BalasHapus
  10. NAMA:MUHAMMAD WILDAN NASRULLAH
    No.Absen:12
    Kelas:12 agama
    Materi tentang Bersyukur nikmat Allah
    Penjelasan:Bersyukur merupakan salah satu rasa yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan bisa memberikan manfaat untuk diri sendiri.
    Cerita pengalaman:saya bersyukur memiliki keluarga yg bahagia,saya bersyukur telah hidup di dunia ini,saya bersyukur telah diberi kesehatan,saya bersyukur keluargaku menyayangiku.

    BalasHapus
  11. NAMA: NADHIFA NURIA HASBY
    KELAS: XII AGAMA
    ABSEN: 14

    • Pembiasaan Kerjasama & Gotong Royong
    QS. al-Maidah ayat 2:
    Dalam Surat Al-Ma'idah Ayat 2 ini, kaum muslim diperintahkan untuk saling tolong menolong dalam kebaikan dan takwa. Namun, kita dilarang untuk tolong-menolong dalam hal maksiat, berbuat dosa kepada Allah, dan larangan tolong-menolong terhadap perbuatan yang mengandung kezaliman kepada orang lain.

    • Memberikan Nasehat Sebagai Bentuk Kerjasama yang baik
    QS. al-'Asr ayat 1-3:
    Surah ini menjelaskan tentang pentingnya menghargai waktu. Sebagai hamba yang sempurna, sepatutnya bisa mengelola waktu dengan baik dan adil, agar tidak mengalami kerugian sebagaimana orang-orang yang lebih mementingkan urusan duniawi dan mengabaikan urusan ukhrawi.

    • Ciri-ciri seorang mukmin
    QS. at-Taubah ayat 71:
    Ciri utama orang mukmin satu dengan mukmin yang lain baik laki-laki maupun perempuan adalah saling menolong, saling membantu dan saling meringankan beban satu dengan beban yang lain.

    Contoh Kerjasama dan Gotong Royong dalam kehidupan sehari hari:
    - Gotong royong dalam melakukan piket kelas bersama teman yang sudah di jadwal.
    - Aktif dalam kegiatan tugas kelompok.
    - Berdiskusi bersama teman untuk memecahkan masalah.
    - Membagi tugas rumah dengan saudara, contohnya: adek saya merapikan tempat tidur, dan saya yang menyapu.

    kesimpulannya, tidak dikatakan kerjasama dan gotong royong apabila hal/kegiatan tersebut dilakukan sendiri, karena pengertian dari keduanya yaitu membantu atau melakukan aktivitas yang dilakukan oleh 2 orang atau lebih.

    BalasHapus
  12. Aliyah Nur Qomariyah/03/XII Agama

    A. MEMILIH MAKANAN DAN MINUMAN HALAL DAN BAIK SERTA MENGHINDARI MAKANAN DAN MINUMAN YANG HARAM

    Makanan yang halal ini bisa dilihat dari dua hal, yaitu memperolehnya. Halal karena dzatnya dan halal cara memperolehnya bukan dengan mencuri, menipu, atau hal lain yang melanggar hak hak orang lain.
    Makanan dan minuman yang diharamkan Allah Swt. dalam QS. al-Baqarah (2): 173
    adalah:
    1. Bangkai • Hewan yang mati dalam keadaan tercekik
    • Hewan yang mati karena dipukul dengan menggunakan suatu benda
    • Hewan yang mati karena terjatuh dari ketinggian
    • Hewan yang mati karena tertanduk oleh hewan lainnya
    • Hewan yang mati karena diterkam oleh
    2. Darah
    3. Seluruh bagian tubuh Babi
    4. binatang yg ketika disembelih tidak menyebut nama Allah/ menyebut selain nama Allah
    Dan minuman yang haram adalah minuman yang memabukkan seperti khamar. Rasulullah Saw. yang menyatakan: Semua yang memabukkan adalah haram, dan semua yang memabukkan adalah khamr (HR. Muslim).

    Dalam kehidupan sehari-hari saya, insyallah sudah menerapkan sebagaimana apa yang di perintahkan oleh Allah yaitu memakan makanan dan minuman yang halal dan baik serta menghindari makanan dan minuman yang haram karena makanan dan minuman yang saya konsumsi tidak diperoleh dengan cara yang melanggar syari'at seperti mencuri/mengambil hak orang lain serta dzatnya pun halal.

    B. SABAR MENGHADAPI UJIAN DAN COBAAN
    Sabar adalah suatu sikap menahan emosi dan keinginan, serta bertahan dalam situasi sulit dengan tidak mengeluh.
    Ciri orang yang sabar sebagaimana dikehendaki pada Qs. Al- Baqarah: 155 adalah orang-orang yang memiliki kesadaran tinggi dan menempatkan logikanya menyikapi segala bentuk ujian dgn mengatakan انالله وانا اليه راجعون redaksi tersebut merupakan puncak ujian dengan mengatakan “kepasrahan” seorang hamba untuk menyatakan bahwa segala sesuatu yang dilekatkan pada dirinya, baik berupa harta benda, keluarga yang dicintainya, dan lain sebagainya merupakan milik Allah dan pasti akan kembali kepada Allah Swt. Pengalaman pribadi saya adalah bersabar saat mengetahui bahwa nenek tercinta saya wafat jujur saya sedih namun saya sadar sebagaimana yg terdapat pada QS.Al-Baqarah:155 yg sudah saya jelaskan diatas saya kemudian mengucapkan انالله وانا اليه راجعون bahwa semua yang di dunia ini pasti akan kembali pada sang pencipta (Allah SWT)
    al-fatihah buat umik:)♡

    BalasHapus
  13. Sipron mcuhlis/18/AGM.
    Amar maruf nahi munkar.
    Amar maruf artinya menyuruh orang berbuat baik.sedangkan nahi munkar artinya melarang orang berbuat jahat.
    Qs ali imran ayat 104
    Hendaklah ada di antara kamu segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar.
    Contohny dr amar maruf itu mengajak teman untuk berbuat kebaikan.jd mengajak haikal ke majlis dzikir manaqib untuk berbuat kebaikan.
    Contohnya dr nahimunkar .
    Melarang anak anak merokok di kamar mandi terutama baset saya melarang dia untuk merokok di kamar mandi .
    Jadi saya mengajak baset untuk pergi ke majlis dzikir bersama haikal untuk ngebreetdd bersama.

    BalasHapus
  14. (HAICAL SHOMADANY)(7)Makanan dan minuman yang diharamkan Allah Swt. dalam QS. al-Baqarah (2): 173adalah
    1. Bangkai)• Hewan yang mati dalam keadaan tercekik• Hewan yang mati karena dipukul dengan menggunakan suatu benda• Hewan yang mati karena terjatuh dari ketinggian• Hewan yang mati karena tertanduk oleh hewan lainnya• Hewan yang mati karena diterkam oleh
    2. Darahbinatang buas
    3. Babi untuk seluruh tubuhnya4. Binatang yang (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah
    (dulu dulu dulu ketika tahun baru , saya waktu malam tahun baru itu saya menyambung silaturahmi dengan teman saya di tongkrongan , di jam pas pukul 9 malam , setelah masak masak bareng, makan bareng dan main game bareng teman saya mengajak saya minum minuman (khamr) ke tempat itu........ , saya terkaget kaget setelah mendengar hal tersebut saya istighfar didalam hati (astaghfirullahalladzim , ya allah teman saya ternyata suka minum , saya langsung menegur teman saya tersebut ; apah kanak gak boleh kayak gitu : allah bersabda dalam firmannya (allah melaknat manusia yang suka meminum minum makanan haram dan minuman haram , termasuk khamr yang memabukkan tersebut)
    teman saya lalu menjawab
    (mon acerama'ah dek masjid)
    lalu saya menjawab itu dengan (saya sudah mengingatkan sebagai sesama muslim ) itu tinggal masalah kamu dengan pencipta kamu ( lalu orangnya menjawab ) okayy
    saya melanjutkan main game saya dan dia pergi meminum minum hal haram tersebut.
    saya sebagai teman mendoakan dia supaya bisa tobat , dan saya pun tahu cara agar terhindar dari itu adalah
    1.menguatkan iman dengan cara beribadah lebih kpd allah
    2. berteman dengan orang yang baik
    3.dlll
    jika ada kesalahan kata saya mohon maaf sebesar besarnya , summassalamualaikum wr wb.

    BalasHapus
  15. Nama: Abdul Basith
    No. : 01
    Kelas: XII Agama

    MEMILIH MAKAANAN DAN MINUMANN HALAL DAN BAIK

    makanan yang halal yaitu karena dzatnya dan halal cara memperolehnya bukan dengan mencuri, menipu, atau hal lain yang melanggar hak hak orang lain. Makanan dan minuman yang diharamkan Allah Swt. dalam QS. al-Baqarah (2): 173
    adalah:
    1. Bangkai
    2. Darah
    3. Babi
    4. Hewan yang disembelih namun tidak menyebut nama Allah
    Rasulullah Saw. yang menyatakan: Semua yang memabukkan adalah haram, dan semua yang memabukkan adalah khamr (HR. Muslim).

    Dulu waktu temen saya main ke Surabaya temen saya membawa minuman haram dan nginap di kos kosan dan teman saya menawarkan minuman tersebut dan dipaksa untuk minum tapi saya tidak mau dan temen saya ahirnya meminum nya sendiri dan saya merasa kasihan kepada teman saya dan saya membantu menghabiskan minuman nya

    Cara mengatasi
    1. Tolak mentah mentah
    2. Menerapkan Pola hidup sehat
    3. Melakukan kegiatan positif

    BalasHapus
  16. Muhammad Roif Su'adi/11/XII Agama

    BAB VII SABAR MENGHADAPI UJIAN DAN COBAAN

    hakikat hidup manusia tidak lepas dari beraneka cobaan. Sabar ini terbagi ke dalam tiga tingkatan. Pertama, sabar dalam menghadapi sesuatu yang menyakitkan, seperti musibah, bencana atau kesusahan. Kedua, sabar dalam meninggalkan perbuatan maksiat, dan Ketiga, sabar dalam menjalankan ketaatan.

    Dalam kehidupan pribadi saya, saya pernah mengalami kecelakaan menambrak mobil dan orang pemilik mobil itu minta ganti rugi namun saya tetap bersyukur karena saya masih selamat hanya luka kecil saja.

    BalasHapus
  17. binar salsabila sari
    IPA 1
    Bab 8 hidup tentram adil dan jujur
    Kejujuran adalah karakter utama orang islam, karena kejujuran merupakan bagian yang tidak terpisah dari kesempurnaan keimanan dan keislaman seseorang.
    Temen saya kan dagang pak, trus dia jujur jadi dia tenang hidupnya bapakkkk eheheheheh , dia meniru sifat nabi yg jujur dalam berdagang

    BalasHapus
  18. Nama : Siti Umayyah
    Kelas : XII MIPA 1
    No Absen : 15

    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, di sini saya mengambil bab 3 tentang MELESTARIKAN LINGKUNGAN.

    Pengertian pelestarian lingkungan adalah perlindungan, pengelolaan, atau pemulihan lingkungan alam dan komunitas ekologis yang menghuninya.
    Pelestarian lingkungan adalah praktik kita manusia menyelamatkan lingkungan dari hilangnya spesies, dan kerusakan ekosistem, terutama karena polusi dan aktivitas manusia.

    pelestarian lingkungan ini terdapat dalam :
    QS. Ar - rum ayat 41- 42
    QS. Al - Baqarah ayat 204 - 206
    QS. Al - furqon ayat 45 - 50
    QS. Shad ayat 27
    HR. Bukhari Muslim dari Anas bin Malik

    cara saya menerapkan pelestarian lingkungan di kehidupan sehari-hari :
    - membuang sampah pada tempatnya
    - mengurangi penggunaan plastik
    - menghemat bahan bakar

    Al-Qur'an sangat menganjurkan kepada manusia untuk melestarikan lingkungan. Secara implisit, banyak ayat al-Qur'an menjelaskan bahwa Allah swt, senantiasa memelihara dan melindungi makhluk-Nya, termasuk binatang dengan cara memberikan makanan dan memotoring tempat tinggalnya.

    BalasHapus
  19. nama : salsabila qumi rahmatal qulub
    kelas :12 mipa 1
    absen : 14

    *BAB 2 TENTANG*
    _*SABAR MENGHADAPI UJIAN DAN COBAAN*_

    sekelas nabi sama ulama aja dapat ujian dan cobaan yang tak kalah berat dari kita yang hanya manusia biasa. hidup itu berjalan sesuai dengan alurnya, alur yang sudah di tata oleh sang penguasa, ya Allah SWT. tuhan seluruh alam. kita tidak bisa melawan takdir nya, entah itu sakit ataupun senang. segala ujian Allah beri untuk hamba hambanya hanya karna semata mata ingin melihat ketaqwaan kepada nya. ada hamba yang terkena musibah melaluinya dengan sabar, ikhtiar, dan berdoa kepada Allah, ada seorang hamba yang terkena musibah malah menyalahkan sang pencipta. itu ga bole dilakukan yaaa.

    Allah sudah menjelas kan dalam surah al-baqarah ayat 155-157, yang artinya :
    "Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan,
    kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang
    yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan, "Innaa
    lillaahi wa innaa ilaihi raaji`uun". Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna
    dan rahmat dari Tuhan mereka, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk. "

    dari situ kita bisa menafsirkan, bahwa Allah akan memberi ujian kepada hamba hambanya dan barangsiapa yang berkata "inna lillahi wa inna ilaihi rajiun" maka allah akan memberikan petunjuk kepadanya.

    Allah itu baik, allah ga bakal mengubah suatu kaum kecuali dari kaum itu sendiri yang ingin berubah. jangan cemas bila diberi ujian, karna dengan itu Allah sangat menyayangi kita.

    -wolf

    BalasHapus
  20. Binar salsabilla
    IPA 1
    02
    Bab2 berfikir positif dan sabar

    saya adalah manusia sabar dalam banyaknya masalah, imam syafi'i pernah berkata "Diantara musibah terbesar adalah, kamu jatuh cinta, tapi orang itu tidak mencintaimu" arghhhhh itu sakit bapakk,tapi saya sabar pak, karna orang sabar disayang allah
    Saya tau saya masih bocil itu pelajara yang membuat saya jadi orang sabar dan berfikir positif heheheehhe

    BalasHapus
  21. Khoirun Nisa' / XII MIPA 1

    BAB 2 ( BERFIKIR POSITIF DAN SABAR DALAM MENGHADAPI UJIAN DAN COBAAN).

    Setiap orang akan mendapatkan ujian dan cobaan. Setiap cobaan dan ujian itu sesuai dengan kemampuan seseorang dalam menerima ujian. Ujian itu diberlakukan sesuai dengan tingkat keimanan seseorang, semakin kuat iman maka semakin berat cobaan. Begitu jiga sebaliknya semakin ringan iman seseorang maka cobaannya jiga ringan. Begitulah allah secara adil memberlakukan ujian dan cobaan. Jadi kita harus banyak bersabar dan meminta pertolongan kepada allah SWT. orang orang yang bersabar dalam menghadapi cobaan itu akan dibalasi dengan martabat yang tinggi ( dalam surga) karena kesabaran mereka, dan mereka juga akan disambut dengan penghormatan dan ucapan selamat didalamnya. Bersikap sabar dapat membuat orang dewasa, karena ia mampu menahan terhadap apa yang dibenci. Selain itu, disunnahkan juga untuk selalu mengucapkan kalimat ISTIRJA ( innalillahi wainnailaihi raji'un) setiap musibah menimpa dan ketika di beri kebahagiaan ucaplah alhamdulillah dan selalu bersyukur pada allah SWT.
    Cara saya untuk menerapkan dalam kehidupan sehari-hari yaitu ketika saya ada musibah saya berusaha untuk berfikir positif, saya menganggap musibah yang allah berikan pada saya itu karena allah ingin menguji saya apakah saya mampu atau tidak, ketika saya mendapat musibah atau cobaan saya menghadapinya dengan sabar dan berdoa pada allah agar memberikan saya petunjuk karena allah tidak akan memberikan musibah melebihi kemampuan hambanya. Saya yakin dengan saya bersabar saya akan mendapatkan solusi dari masalah tersebut.

    BalasHapus

  22. Nama: Aulia Wulan Suci
    Kelas: XII MIPA 1
    No absen: 20

    BAB 3. MELESTARIKAN LINGKUNGAN
    Melestarikan Lingkungan yaitu proses perlindungan dari kemusnahan dan kerusakan. Lingkungan harus dilestarikan supaya ekosistem tetap seimbang dan aliran energi tetap berjalan. Mahluk hidup dapat saling berinteraksi, seperti tumbuhan memberi oksigen dan nutrisi bagi hewan dan manusia. Kurangnya menjaga lingkungan seperti membuang sampah dan limbah sembarangan dapat menyebabkan pencemaran tanah. Pencemaran tanah mengakibatkan matinya tumbuhan dan mikroorganisme tanah, ketidaksuburan tanah, ataupun tanah yang mengandung racun sehingga tumbuhan yang tumbuh berbahaya untuk dikonsumsi manusia.
    Karena apabila lingkungan tidak ada maka manusia, hewan, dan tumbuhan tidak dapat bertahan hidup. Namun, sekarang lingkungan mengalami kerusakan. Itu semua akibat ulah dari manusia yang tidak bertanggung jawab. Salah satu bentuk peran masyarakat dalam upaya melestarikan lingkungan yaitu dengan memberikan sumbangan tenaga berupa kerja bakti dan ikut serta dalam pengelolaan sampah .

    PENGALAMAN HIDUP

    Dari SMP kalo di tanya tentang hobi pasti jawab nya selalu ngedaki gunung tapi di umur segitu maklum belum diizinin sama ortu, Dan tepat di umur 18th bersyukur udah bisa mewujudkan impian itu dan alhamdulillah udah 2 gunung yg sudah aku datangin next desember ini insyaAllah mau lanjut buat nge daki ke gunung selanjutnya. Kalo di tanya " ngapain sih naik gunung bikin capek aja ! " memang lumayan bikin capek sih cuma bakal kalah sama keindahan nya waktu sudah nyampek puncak is the best view sih menurutku

    BalasHapus
  23. 1.QS. ar-Rum (30):41-42

    2.QS. al-Baqarah [2]: 204-206

    3.QS. Q.S. al-Furqan [25]: 45-50

    4.QS. Shad [38]: 27

    BalasHapus
  24. NAMA : ULFATIN ABADIYAH
    KELAS : XII MIPA 1
    NO ABSEN : 17

    BAB II BERPIKIRAN POSITIF DAN SABAR DALAM MENGHADAPI UJIAN DAN COBAAN

    Di masa yang seperti ini, dimana jaman penuh dengan tekanan dan pengharapan insan setiap diripribadi maing-maing manusia, kehidupan yang kita jalani saat ini tidaklah selalu berjalan sesuai dengan apa yang kita inginkan. oleh karena itu sikap sabar itu penting untuk kita tanamakan di dalam diri kita masing-masing. sesorang bisa menjadi sabar dan berfikiran positif jika dia memahami apa yang sedang terjadi dalam situasi tertentu. sehingga, ia berhak mendapatkan pahala dari tuhanya. di balik setiap musibah, pasti ada karunia agung yang dipersiapkan oleh Allah SWT untuk kita.

    Dalam kehidupan pribadi saya, saya pernah pas mau berangkat eskul tiba tiba ban saya bocor terus saya dibantu sama orang untuk mengantar ke bengkel.

    BalasHapus
  25. Nama:m rahil humaidi
    Kls:XII mipa 1
    Absen:08
    Bab 3:melestarikan lingkungan

    Lingkungan adalah semua yang mempengaruhi pertumbuhan manusia
    dan hewan. Sedangkan lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang
    berada di sekeliling makhluk hidup (organisme) yang mempunyai
    pengaruh timbal balik terhadap makhluk hidup tersebut. Upaya
    pelestarian lingkungan artinya menjaga keberadaan lingkungan tetap
    selama-lamanya, kekal tidak berubah. Dengan melakukan perbuatan
    sewenang-wenang terhadap lingkungan dengan cara mengeksploitasi
    tanpa meperhatikan akibatnya, jelas bertentangan dengan ajaran Islam.
    Ketidakstabilan keadaan alam, bencana dan musibah yang terjadi di
    alam ini, karena disebabkan oleh ulah tangan manusia. Pengelolaan
    lingkungan ini bertujuan demi tercapainya keselarasan hubungan
    antara manusia dengan lingkungan hidup.

    BalasHapus
  26. Fatimatus Zahroh Rozi
    XII MIPA 1 (4)

    *MELESTARIKAN LINGKUNGAN*

    Melestarikan lingkungan adalah proses atau cara perlindungan dari kemusnahan dan kerusakan lingkungan. Lingkungan sangat penting untuk kelangsungan hidup bagi makhluk hidup. Karena apabila lingkungan tidak ada maka manusia, hewan, dan tumbuhan tidak dapat bertahan hidup, dan apabila salah satunya rusak maka ekosistem menjadi tidak seimbang dan aliran energi tidak berjalan.
    Mahluk hidup dapat saling berinteraksi, seperti tumbuhan memberi oksigen dan nutrisi bagi hewan dan manusia.

    Kerusakan lingkungan umumnya disebabkan oleh aktifitas manusia yang tidak ramah lingkungan seperti perusakan hutan dan alih fungsi hutan, pertambangan, pencemaran udara, air, dan tanah dan lain sebagainya. Banyak akibat yang di sebabkan contohnya seperti: Banjir, longsor, gangguan pada kesehatan manusia, tanah tidak subuh, tanah mengandung racun hingga tumbuhan yang tumbuh berbahaya bagi manusia.

    Upaya yang dapat saya atau kita lakukan adalah menjaga dengan sepenuh hati, disertai dengan rasa cinta dan kasih sayang terhadap keberadaan lingkungan sekitar serta segala sesuatu yang ada di dalamnya. memastikan generasi mendatang memiliki sumber daya alam yang tersedia dengan baik untuk menjalani kehidupan. Meskipun tidak bisa lebih baik, namun setidaknya cukup untuk bertahan hidup.

    BalasHapus
  27. nama:Mir'ah Zahra Rifdani
    kls:XII IPA 1

    BAB 2: BERPIKIR POSITIF DAN SABAR DALAM MENGHADAPI UJIAN DAN COBAAN.
    Allah pasti akan memberikan cobaan kepada setiap manusia .Ujian dan cobaan itu sudah disesuaikan dengan kemampuan mereka .Maka kita harus sabar dalam menghadapi ujian dan cobaan tersebut .cobaan itu bisa juga berupa hal yang meyakitkan dan bisa juga menyenangkan.Bentuk sabar bisa berupa: sabar dalam menjalankan ketaatan kepada Allah, sabar dalam
    menahan untuk tidak bermaksiat dan sabar dalam menghadapi musibah.Jadi kita harus sabar saat di beri cobaan dan menerima dengan lapang dada .Dan mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan.Semakin kuat iman, semakin berat cobaan. Semakin ringan iman seseorang, maka cobaan yang juga ringan. Begitulah Allah secara adil memberlakukan ujian dan cobaan kepada hambanya

    pengalaman pribadi saya pernah kehilangan uang di pondok saat itu saya tdk punya uang sama sekali tapi saya ikhlas dan sabar dengan cobaan itu .Suatu hari Allah kasih saya ganti yang lebih dari uang itu.

    BalasHapus
  28. NAMA : ADAM SHALEH ADIAKSA P
    KELAS : XII MIPA 1
    BAB : 3 ( MELESTARIKAN ALAM )


    Allah melarang umat manusia untuk melakukan kerusakan di muka bumi ini. Salah satu bentuk kerusakan di bumi adalah merusak lingkungan. Perintah Allah ialah melestarikan lingkungan, perintah tersebut terdapat di surat :
    - Qs Ar-Rum (30) : 41-42
    - Qs Al-Baqarah (2) : 204-206
    - Qs Al-Furqon (45) : 45-50
    - Qs Shad (38) : 27
    Beserta pada Hadits Riwayat Bukhari dari Anas bin Malik

    Bentuk pengamalan "melestarikan alam" pada kehidupan sehari-hari adalah :
    - Tidak membuang sampah sembarangan
    - Mengatur penggunaan listrik secara teratur dan sesuai dengan kebutuhan
    - Melakukan penanaman tanaman di lingkungan sekitar
    - dan banyk yg lainnya

    BalasHapus
  29. Nama : Moh. Akbar D. M.
    Kelas 12 MIPA 1
    Absen : 11

    Noted ⚠️
    - Jangan CoPas ya, ini mikir capek2


    BAB 3 : Melestarikan Lingkungan


    Jadi tuh Allah melarang umat manusia untuk melakukan kerusakan di muka bumi, nah kerusakan bahasa arabnya fasad tapi fasad bisa diartikan secara luas sebagai bentuk kerusakan yang bersifat materi (fisik/bisa dilihat) ataupun rohani (jiwa/tak dapat dilihat) oleh karena itu fasad kalau dalam agama beda lagi maksudnya yaitu melakukan perbuatan yang melanggar atau menyimpang kek maksiat, bid`ah dan syirik.
    Terus perbuatan yang merusak secara materi kek merusak tanaman, buang sampah sembarangan, menggunakan air dan listrik secara berlebihan, penebangan liar dan lain sebagainya. Yang mana itu menyebabkan bencana alam dan membuat bumi kita rusak sedangkan perbuatan yang merusak secara jasmani itu seperti melakukan perzinaan, dan penyelewengan orientasi seksual. Perbuatan-perbuatan seperti itu yang mendasari keturunan-keturunan kita menjadi SDM yang tidak berkualitas. Nah itu semua didasari di dalam Al-Qur'an dan Hadist-Nya diantaranya :
    • QS. ar-Rum (30):41-42
    • QS. al-Baqarah [2]: 204–206
    • Q.S. al-Furqan [25]: 45–50
    • QS. Shad [38]: 27
    • HR. Bukhari Muslim dari Anas bin Malik

    Pengalaman secara personal dengan materi ini sebenarnya udah dari lalu-lalu ya karena kita udah diajarkan menjaga lingkungan dan menjaga hubungan sosial yang sehat dari kecil cuman dalam materi ini lebih dihayati dengan sumber-sumber yang ada dalam Al-Qur'an dan Hadits yang membuat seberapa urgensi materi ini untuk dipelajari.
    Yang penulis lakukan atau amalan yang dilakukan penulis setelah belajar materi ini adalah penulis lebih care dan lebih tersadar bahwa manusia sudah hidup lama di bumi dan manusia merupakan makhluk sosial yang pasti hidup berkoloni oleh karena itu perlu batasan untuk menjaga atau membatasi agar kedua hal itu berjalan diarah yang benar. Kita tahu zaman telah berkembang tapi tetap kita harus peduli tentang itu dan yang paling mudah adalah dari diri sendiri karena Allah tidak akan mengubah suatu kaum kalau mereka tidak merubah diri mereka sendiri.

    BalasHapus
  30. Rusaknya lingkungan hidup terjadi karena ulah manusia yang kurang, bahkan tidak, sadar akan pentingnya kelestarian lingkungan.
    Menggunakan Air Seperlunya
    Air sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup. Agar pasokan air dapat terus mengalir, gunakanlah seperlunya.

    2. Menggunakan Kertas Seperlunya
    Kertas terbuat dari serat pepohonan. Karena itu, gunakan kertas seperlunya dan seefektif mungkin. Anda juga dapat menggunakan kertas daur ulang sehingga dapat mengurangi sampah kertas.

    3. Menggunakan Listrik Seperlunya
    Salah satu upaya menjaga kelestarian lingkungan adalah menggunakan listrik seperlunya. Anda dapat menggunakan lampu TEL atau LED yang berdaya rendah dan mematikan listrik pada siang hari atau saat tidak digunakan.

    4. Menghemat Bahan Bakar
    Hasil pembakaran dari bahan bakar dapat merusak lingkungan. Saat ini, mulailah untuk menghemat bahan bakar dengan bersepeda, jalan kaki, atau menggunakan kendaraan umum.

    5. Mengurangi Penggunaan Bahan Kimia Berbahaya
    Detergen dan plastik menjadi penyumbang terbesar yang dapat merusak lingkungan. Bahan-bahan kimia yang terkandung di dalamnya sangatlah berbahaya dan sulit diuraikan. Mulai saat ini, gunakanlah detergen yang ramah lingkungan dan kantong belanja yang dapat digunakan berkali-kali.

    6. Memisahkan Sampah
    Sebagai upaya menjaga kelestarian lingkungan, Anda dapat memisahkan sampah menjadi sampah anorganik, sampah organik, dan sampah kaca atau logam. Sampah anorganik dan sampah kaca atau logam dapat dimanfaatkan sebagai kerajinan tangan, sedangkan sampah organik dapat dimanfaatkan sebagai pupuk kompos.

    7. Tidak Menggunakan Peralatan Yang Mengandung CFC
    CFC (klorofluorokarbon) adalah senyawa yang terdiri atas klorin, fluorin, dan karbon. CFC sering digunakan sebagai bahan pendingin, bahan pelarut, dan bahan propelan. Jika digunakan terus-menerus, senyawa ini dapat merusak lapisan ozon.

    Banyak peralatan rumah tangga yang mengandung CFC, seperti AC, lemari pendingin, dan pengering rambut. Sebagai upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup, Anda dapat menggunakan peralatan tersebut yang tidak ber-CFC.

    Itulah beberapa upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup di rumah. Dengan begitu, kelangsungan hidup makhluk hidup dapat berjalan dengan seimbang.

    BalasHapus
  31. Febriani Zakiya Zahri
    XII IPA 1 (05)


    "MEMBUDAYAKAN POLA HIDUP SEDERHANA DAN MENYANTUNI DHUAFA"

    Pola hidup sederhana adalah hidup dengan tidak berlebih-lebihan dengan penuh kesombongan, namun hidup dengan penuh kesederhanaan. Menyantuni
    kaum dhuafa adalah membantu orang-orang lemah yang hidup dengan serba kekurangan, agar kesusahan mereka dapat diringankan.
    Bab ini terdapat juga pada hadist, diantaranya:
    QS. al - Qasas: 79 - 82
    QS. al - Isra: 26 - 27

    Contoh di kehidupan sehari-hari:
    Menerapkan pola hidup sederhana dengan menunjukkan sikap hidup yang tidak mudah menaruh curiga kepada orang lain (berhudznuzon/berpikir positif sesama umat muslim) , tidak suka pamer, karena apa yang kita punya di dunia ini hanyalah titipan, tidak sombong atas apa yang kita miliki/pencapaian yang kita raih, sabar/tawakkal terhadap segala ujian yang Allah SWT berikan kepada kita, jujur dan suka menolong sesama umat manusia.

    sekian, terimakasih..

    BalasHapus
  32. Guthafi Maula Abdalla
    XII IPA 1, 06
    assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    saya mengambil materi dari bab 3
    "MELESTARIKAN LINGKUNGAN"
    jadi menurut yang saya tangkap dari materi tsb adalah:
    kita sebagai makhluk allah(manusia) yang sudah lama sekali menempati bumi harus bisa merawat dan menjaga bumi, karna kalo bukan kita, siapa lagi yang bisa menjaga bumi?
    seperti yang disebut dalam QS.ar-Rum ayat 41 sampai 42 mengenai kerusakan alam yang disebabkan oleh manusia, seperti kasus baru baru ini : mulai dari penebangan(penggundulan hutan), membuang limbah pabrik ribuan bahkan jutaan ton ke laut, dan banyak hal lain yang bersifat merusak ke bumi.
    maka dari itu sebagai makhluk yang diberikan fikiran kita harus bisa berfikir dan berinisiatif untuk merawat bumi mulai dari hal yang swderhana seperti gotong royong satu rw dengan menyediakan tempat pembuangan dan membuang sampah ke tempat pembuangan sampah atau memprodusi ulang sampah" tsb menjadi sesuatu yang bisa bermanfaat seperti pupuk dan produk" lainnya.

    tentunya sebagai umat muslim kita juga harus mendengar larangan yang dijelaskan dalam alquran, lebih tepatnya QS.al-A'raf ayat 56 sampai 58, tentang larangan berbuat kerusakan di bumi.
    di dalam ayat tsb suda dijelaskan tentang keagungan allah yang bisa menghidupkan orang mati semudah menumbuhkan buah buahan, intinya kita sebagai manusia dan muslim sangat perlu untuk menjauhkan diri dari larangannya.

    dan juga ada beberapa pelajaran yang kita ambil dari materi bab ke 3 ini, seperti di
    QS.Shad
    QS.al-furqan
    QS.al-Baqarah

    BalasHapus
  33. Khoirul ikhsan
    XII MIPA 2
    8

    Menjaga lingkungan hidup merupakan tugas yang penting bagi umat manusia. Dalam Islam, menjaga lingkungan hidup merupakan bagian dari ibadah. Terdapat beberapa hadist yang mengajarkan tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup. Salah satunya adalah hadist yang diriwayatkan oleh HR. Bukhari Muslim yang artinya "Sayangilah yang ada di bumi niscaya semua yang ada di langit akan menyayangi kalian". Hadist ini menunjukkan bahwa menjaga lingkungan hidup merupakan tugas yang harus dilakukan oleh setiap manusia. Selain itu, terdapat hadist lain yang mengajarkan tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Hal ini merupakan salah satu cara untuk memastikan bahwa lingkungan sekitar tetap bersih, sehat, dan nyaman bagi semua orang. Rasulullah Saw bersabda "Jagalah kebersihan karena kebersihan bukti dari iman" ¹⁵. Dalam Al-Qur'an, Allah SWT juga menegaskan pentingnya menjaga lingkungan hidup. QS al-A„raf : 56–58 tentang larangan berbuat kerusakan di bumi, QS Shad : 27 tentang penciptaan alam dengan benar, QS al-Furqan. Dalam ajaran Islam, menjaga lingkungan hidup merupakan bagian dari tanggung jawab sosial yang harus dilakukan oleh setiap individu. Dengan menjaga lingkungan hidup, kita dapat menjaga kelestarian lingkungan dan sumber daya alam untuk generasi mendatang.

    Pengalaman saya menjaga lingkungan, iyyalah membersihkan kamar dirumah maupun dikotsan, stiap sore saya selalu menyapu/mengepal kamar dirumah maupun kamar dikotsan

    BalasHapus
  34. Nama : Rina ramadhany A.
    Kelas : XII MIPA 2

    Islam mengajarkan kepada umat manusia untuk bersikap hormat terhadap alam, karena alam adalah bagian dari hidup manusia. Jika manusia tidak mengelola alam dengan baik, maka sama saja akan menghancurkan hidupnya sendiri.
    Hadis-hadis yang menyebutkan tentang pelestarian lingkungan merupakan isyarat tentang adanya keteraturan yang harus dijaga dan dilestarikan. Seperti hadis perintah untuk bercocok tanam, menanam pohon (reboisasi), tidak boleh membuang hajat sembarangan.
    Lingkungan sebagai salah satu makhluk ciptaan Allah mestinya diijaga kelestariannya. Kelestarian lingkungan terkait dengankesejakteraansuatubangsa.Olehkarenaitu,manusiaharus menjaga, memelihara lingkungan dengan sebaik-baiknya. Upaya-upaya yang harus ditempuh dalam melestarikan lingkungan hidup adalah antara lain, memelihara dan melindungi hewan; menanam poon dan penghijauan; menghidupkan lahan mati; memanfaatkan udara dan air dengan baik, dan yang terpenting adalah bagaimana agar keseimbangan alam dan habitatnya tetap terjaga.
    Hadis-hadis tersebut di atas tidak hanya dipahami secara tekstual, terpaku dengan bunyi teks hadis, namun perlu dipahami secara kontekstual sehingga akan menghasilkan ruh dan semangat dari nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

    pengalaman pribadi melestarikan lingkungan dengan gotong royong. saat kampung melakukan acara pasti selesai acaranya banyak sampah yang berserakan, jadi warga” yang terlibat juga harus ikut serta membersihkan sampahnya, agar kampung bersih kembali.

    BalasHapus
  35. Rizqiyah Maulidina (XII MIPA 2)

    BAB 3 (melestarikan lingkungan)

    Lingkungan adalah semua yang mempengaruhi pertumbuhan manusia dan hewan. Pelestarian Lingkungan adalah proses atau cara perlindungan dari kemusnahan dan kerusakan. Penataan sumber daya alam yang menjamin pemakaiaannya secara berkesinambungan simpanannya yaitu dengan tetap meningkatkan kualitas nilai keanekaragamannya dan tetap memeliharanya.
    cara melestarikan lingkungan:
    1. tidak membuang sampah sembarangan
    2. tidak membakar sampah
    3. menghemat energi
    4. menggunakan produk daur ulang
    5. menanam pohon
    6. mengurangi sampah terutama sampah plastik
    7. melakukan penghijauan


    pengalaman pribadi saya tentang melestarikan lingkungan adalah saya melakukan tidak membuang sampah sembarangan karena ini termasuk salah satu cara untuk menjaga kelestarian lingkungan. karena dampak dari membuang sampah sembarangan sangat besar contohnya adalah jika sampah tersebut masuk kedalam selokan, selokan akan menyumbat dan akan mengakibatkan banjir. jadi saya tidak membuang sampah sembarangan

    BalasHapus
  36. Fajar Ainur rofik
    XII MIPA 2

    Dalam Islam, berpikir positif dan sabar dianggap sebagai sikap yang sangat dianjurkan, terutama saat menghadapi ujian dan cobaan. Al-Qur'an mengajarkan bahwa setiap cobaan datang dengan hikmah dan ujian adalah bagian dari ujian kehidupan. Dengan berpikir positif, kita dapat melihat ujian sebagai kesempatan untuk bertumbuh dan mendekatkan diri kepada Allah. Sabar membantu kita menjaga ketenangan dalam menghadapi tantangan, karena Allah menjanjikan pahala bagi orang-orang yang sabar.Allah juga berfirman dalam QS Al-Baqarah ayat 156:
    "(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata "Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un" (sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali)."
    Di dalam ayat itu dikatakan bahwa ketika kita mendapat cobaan hendaklah kita mengatakan Inna lillahi wa Inna ilaihi Raji'un.


    Pengalaman pribadi saya tentang cobaan saya pernah jatuh dari sepeda yang membuat tangan saya patah dan disitu saya bersabar hingga tangan saya sembuh.


    BalasHapus
  37. NAMA : AWALIYA NADILATUN NISA
    KELAS : XII MIPA 2
    ABSEN : 04
    BAB 3 MELESTARIKAN LINGKUNGAN

    Pelestarian Lingkungan adalah proses atau cara perlindungan dari kemusnahan dan kerusakan. Penataan sumber daya alam yang menjamin pemakaiaannya secara berkesinambungan simpanannya yaitu dengan tetap meningkatkan kualitas nilai keanekaragamannya dan tetap memeliharanya. di Indonesia sendiri bencana alam sering terjadi seperti contoh : banjir, letusan gunung, gempa bumi dan tanah longsor dan bencana alam lainya. Dimana bencana tersebut terjadi karena konsekuensi dari suatu kombinasi aktivitas manusia dan aktivitas alam. Contoh : seperti kita saat makan jajanan atau habis belanja seseuatu di supermarket kita nongkrong bersama teman-teman makan dan minum kemasasan kalau sudah habis kita buang sembarang buang sana sini buang sampah sampah tersebut berada disana dan orang lain melihatnya dan mereka membuangnya juga dimana terdapat banyak sampah disana .

    BalasHapus
  38. NAURAH TSABITA ZULFA/14
    XII MIPA 2

    BERPIKIR POSITIF DAN SABAR DALAM
    MENGHADAPI UJIAN DAN COBAAN

    pengertian tentang berfikir positif dan sabar terdapat pada surah di dalam Al-Qur'an dan hadits² tertentu, diantaranya yaitu :
    1. QS. Al-Baqarah (2):155-157
    yg menjelaskan untuk memastikan bahwa setiap orang akan mendapatkan ujian dan cobaan. Bentuk cobaan tersebut misalnya rasa aman, kemiskinan, kegelisahan. Namun demikian Allah menegaskan bahwa balasan yang besar bagi orang-orang yang bersabar dan kembali kepada Allah pada saat menghadapi ujian.

    2. QS. Ali Imran (3):186
    Ayat ini mengandung pesan tentang kemuliaan orang-orang yang bersabar dalam menghadapi cobaan. Keniscayaan ujian akan diberlakukan pada diri dan harta setiap orang. Ujian pada diri seseorang bisa berupa sakit fisik, kelemahan, pembunuhan, peperangan atau bentuk ujian fisik yang lain. Ujian dalam harta berpa kekurangan, kemelaratan, pencurian, perampokan dan lain sebagainya.

    3. HR. Muslim dari Suhaib dan HR. Tirmidzi dari Mus’ab bin Sa’ad
    Hadis ini menunjukkan keistimewaan orang beriman. Keadaan apapun menjadikan seorang mukmin tetap istimewa dan mendatangkan kemashlahatan. Hal itu karena sikap dan karakter seorang mukmin yang baik. Saat musibah datang, dia menerimanya dengan sikap sabar. dan ika kesenangan dia dapatkan, maka dia bersyukur. Anugerah atau bencana bagi orang mukmin bisa menjadi pintu datangnya kebaikan.

    4. HR. Tirmidzi dari Mus’ab bin Sa’ad
    Hadis ini menegaskan bahwa setiap orang akan mendapatkan ujian dan cobaan. Namun demikian setiap cobaan dan ujian itu sesuai dengan kemampuan seseorang dalam menerima ujian tersebut.
    Ujian dan cobaan diberlakukan sesuai dengan tingkat keimanan seseorang. Karenanya para Nabi dan Rasul mendapatkan ujian paling berat kemudian orang-orang yang imannya mendekati para nabi dan seterusnya. Semakin kuat iman, semakin berat cobaan. Semakin ringan iman seseorang, maka cobaan yang juga ringan. Begitulah Allah secara adil memberlakukan ujian dan cobaan.

    Sabar berarti menahan dari hal-hal yang tidak disukai karena mengharap ridha Allah. Allah pasti akan memberi ujian dan cobaan kepada setiap manusia dan ujian/cobaan Allah pasti sesuai dengan kemampuan manusia dalam menerima ujian dan cobaan tersebut
    Besarnya pengorbanan dalam bersabar, maka orang yang mampu melakukannya akan mendapat balasan yang baik di sisi Allah. Ujian dan cobaan juga bisa berupa hal-hal yang menyakitkan, dan berupa hal-hal yang menyenangkan, begitu juga bentuk sabar bisa berupa: sabar dalam menjalankan ketaatan kepada Allah, sabar dalam menahan untuk tidak bermaksiat dan sabar dalam menghadapi musibah.

    pengalaman saya :
    saya pernah di timpa ujian dalam kehilangan seseorang yang tak akan pernah kembali lagi, awalnya saya tidak bisa menerima kejadian itu, tapi dengan sabar dan berjalan nya waktu perlahan saya mulai bisa meng ikhlaskan, saya juga berfikir positif mungkin allah lebih sayang beliau sehingga allah lebih dulu memanggilnya untuk berada di sisinya

    BalasHapus
  39. Annisa Dwi Hafsari (03)
    XII-MIPA 2
    BAB 4
    "Mengembangkan Ilmu
    Pengetahuan dan Teknologi"

    Menuntut Ilmu hukumnya fardlu `ain, wajib atas setiap muslim, dan tidak terbatas dengan
    waktu dan ruang.
    Islam merupakan agama yang menghargai ilmu, oleh karena itu orang yang berilmu memiliki
    kedudukan yang mulia di sisi Allah.
    Orang yang berilmu lebih tinggi derajatnya dibanding mereka yang ahli ibadah, karena ibadah
    tanpa mengilmui yang dilakukan bisa saja
    Perkembangan ilmu pengetahuan dan kemajuan teknologi harus diimbangi dengan penyiapan
    mental dan penguatan karakter, sehingga pengguna dan penikmat teknologi tidak menjadi
    korban kemajuan.
    Orang-orang yang mampu menjaga keharmonisan kekuatan akal dan kearifan hati adalah ulul
    albab, karena karakter yang menonjol dari ulul albab adalah selalu berdzikir, suka berfikir dan
    takut kepada Allah SWT.

    Pengalaman/ contoh ilmu pengetahuan dan teknologi di kehidupan sehari-hari :
    -Mengunakan smartphone
    memudahkan komunikasi kita dengan orang lain.
    -internet
    memudahkan kita untuk mencari berbagai informasi, bahkan pengetahuan.
    - Peralatan rumah tangga
    yang merupakan hasil dari kemajuan IPTEK.
    Mulai dari setrika, rice cooker, kompor, dan masih banyak lagi.
    - Transportasi
    Bepergian menggunakan pesawat
    -Hiburan
    menonton film dengan praktis melalui berbagai platform streaming.

    BalasHapus
  40. Moch Al Hamdani Hidayat
    XII MIPA 2
    No absen 12
    Assalamualaikum wr.wb
    Saya mengambil materi bab 3
    "Melestarikan lingkungan"
    Jadi menurut yang saya tangkap dari materi tersebut adalah:

    Kita sebagai manusia kita harus menjaga dan melestarikan lingkungan

    Upaya yang dapat saya atau kita lakukan adalah menjaga dengan sepenuh hati, disertai dengan rasa cinta dan kasih sayang terhadap keberadaan lingkungan sekitar serta segala sesuatu yang ada di dalamnya. memastikan generasi mendatang memiliki sumber daya alam yang tersedia dengan baik untuk menjalani kehidupan. Meskipun tidak bisa lebih baik, namun setidaknya cukup untuk bertahan hidup.

    Rusaknya lingkungan hidup terjadi karena ulah manusia yang kurang, bahkan tidak, sadar akan pentingnya kelestarian lingkungan.

    Contohnya seperti menggunakan Air Seperlunya
    Air sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup. Agar pasokan air dapat terus mengalir, gunakanlah seperlunya.

    BalasHapus
  41. Assalamualaikum wr wb
    Nama: Afifah
    Kelas:XII MIPA 2
    No absen:01
    Saya mengambil materi bab 2 "Berpikir positif dan sabar dalam menjalani ujian dan cobaan"
    1-)mengarah pada langkah-langkah yang lurus dan benar. Agar tidak menyimpang dari jalan yang telah di tentukan oleh Allah. Oleh karena itu, seorang muslim harus mengikat iman kita dengan rasa ikhlas dan sabar, agar hidup yang dijalani mendapat ridha dari Allah.
    2-)Jangan pernah berdebat kepada seseorang yang selalu gamau kalah,karna perdebatan membuat kita tidak sabar dan tak pernah berfikir positif k dia karena perdebatan menimbulkan kebencian.
    3-)Selalu Bersyukur. Saat melihat portal berita atau media sosial, tidak sedikit berita-berita negatif yang bertebaran.
    Lebih Sering Tersenyum.
    Berpikiran Terbuka.
    Selalu Optimis.
    4-) Selalu menilai baik kepada seseorang

    BalasHapus
  42. nama : intan Syarifah
    no absen : 07
    kelas : XII MIPA2

    assalamualaikum wr.wb disini saya memilih materi BAB 2 BERPIKIR POSITIF DAN SABAR DALAM
    MENGHADAPI UJIAN DAN COBAAN

    >> pengertian: Sabar adalah tindakan menahan diri dari hal-hal yang ingin dilakukan, menahan diri dari emosi, dan bertahan serta tidak mengeluh pada saat sulit atau sedang mengalami musibah.

    >> dalil naqli yang terdapat di BAB ini:
    1) QS. Al-Baqarah (2):155-157
       Penjelasan : Ayat ini memastikan bahwa setiap orang akan mendapatkan ujian dan cobaan. Bentuk cobaan tersebut misalnya rasa aman, kemiskinan, kegelisahan.Namun demikian Allah menegaskan bahwa balasan yang besar bagi orang-orang yang bersabar dan kembali kepada Allah pada saat menghadapi ujian.
    2) QS. Ali Imran (3):186
       Penjelasan: Kamu pasti akan diuji dengan hartamu dan dirimu. Dan pasti kamu akan mendengar banyak hal yang sangat menyakitkan hati dari orang-orang yang diberi Kitab sebelum kamu dan dari orang-orang musyrik. Jika kamu bersabar dan bertakwa, maka sesungguhnya yang demikian itu termasuk urusan yang (patut) diutamakan.
    3) HR. Tirmidzi dari Mus’ab bin Sa’ad
       Penjelasan : Hadis ini menegaskan bahwa setiap orang akan mendapatkan ujian dan cobaan. Namun demikian setiap cobaan dan ujian itu sesuai dengan kemampuan seseorang dalam menerima ujian tersebut.
    Ujian dan cobaan diberlakukan sesuai dengan tingkat keimanan seseorang. Karenanya para Nabi dan Rasul mendapatkan ujian paling berat kemudian orang-orang yang imannya mendekati para nabi dan seterusnya. Semakin kuat iman, semakin berat cobaan. Semakin ringan iman seseorang, maka cobaan yang juga ringan. Begitulah Allah secara adil memberlakukan ujian dan cobaan.

    >> Pengalaman saya tentang materi ini:
        saya pernah membuka usaha jualan toko di rumah saya, ketika toko saya bisa dibilang banyak yang membeli, tetangga pada memfitnah dibilang toko saya pesugihan, punya peliharaan tuyul lah, tapi keluarga saya hanya sabar dan meminta petunjuk kepada Allah, karena saya yakin Allah akan memberikan balasan untuk orang yang seperti itu , baik didunia ataupun di akhirat nanti.

    BalasHapus
  43. Nama : Naimatul imaroh
    Kelas : XII MIPA 2
    No. Absen: 13
    Bab : 2 "BERFIKIR POSITIF DAN SABAR DALAM MENGHADAPI UJIAN DAN COBAAN"

    Kemuliaan orang² yg bersabar dalam menghadapi cobaan. Keniscayaan ujian diberikan kepada diri sendiri dan harta setiap orang yang bisa berupa fisik, kelemahan, sakit, kecelakaan dll. Sedangkan ujian dalam harta berupa perampokan, kekurangan, pencurian dsb. Namun dalam hal ini Allah tidak akan menguji melebihi kemampuan umatnya.

    Adapun dalil dalam Al Qur'an:
    “(QS. Al-Baqarah: 155–156)
    ” (QS. Ali Imran: 186).

    Pengalaman yang pernah saya alami adalah waktu saya mau berangkat sekolah saya jatuh di jalan bersama ayah saya yg kebetulan hari itu barengan bersama anak² berangkat sekolah juga sehingga, membuat jalan raya rame dan macet Alhamdulillah, saya dan ayah saya masih diberi keselamatan dari kejadian itu saya belajar bahwa cobaan itu bisa dimana dan kapan saja sehinngga membuat saya lebih hati² lagi dan bersabar ketika mendapat cobaan.

    BalasHapus
  44. latansa dzikrullah
    XII IPA 2
    Assalamualaikum wr.wb
    saya mengambil materi bab 2 dlm plrn qurdis yg berjudul " Berpikir positif dan sabar dalam menghadapi ujian dan cobaan "
    dalam materi bab 2 ini kita diajarkan bahwa setiap orang akan mendapatkan ujian dan cobaan. Namun
    demikian setiap cobaan dan ujian itu sesuai dengan kemampuan seseorang dalam menerima ujian tersebut.Ujian dan cobaan diperlakukan sesuai dengan tingkat keimanan seseorang.
    semakin besar seseorang itu dalam bersabar, maka orang yang mampu melakukannya akan
    mendapat balasan yang baik di sisi Allah
    dan untuk contoh beberapa ayat yang menjelaskan ttg materi tersebut yaitu,
    • QS Al.Baqarah (2) :155-157
    • QS Ali Imran (3) : 186
    • Dll
    adapun hadis yg menjelaskan ttg materi tersebut :
    • HR. Muslim dari Suhaib dan HR. Tirmidzi dari Mus’ab bin Sa’ad
    • HR. Tirmidzi dari Mus’ab bin Sa’ad
    • Dll
    dalam kehidupan sehari-hari ad banyak bentuk ujian dan cobaan yg diberikan oleh allah untuk hambanya
    saya mengambil salah satu contoh pengalamannya saya seperti,
    berangkat ke sesuatu tempat memakai sepeda motor dan tiba-tiba di pertengahan jalan rantai putus,ban bocor dan kehabisan bensin. dan saya hanya bisa bersabar, ikhlas dan mencari solusi untuk menyelesaikan permasalahan itu

    BalasHapus
  45. Nama : Natiaz Malita Barqi
    Kelas : XII MIPA 2
    No : 20

    BAB 3 (MELESTARIKAN LINGKUNGAN)
    Melestarikan Lingkungan adalah proses atau cara perlindungan dari kemusnahan dan kerusakan. Penataan sumber daya alam yang menjamin pemakaiaannya secara berkesinambungan simpanannya yaitu dengan tetap meningkatkan kualitas nilai keanekaragamannya dan tetap memeliharanya.
    •Kerusakan lingkungan terjadi karena 2 hal :
    1. akibat peristiwa alam
    2. akibat peristiwa manusia
    •Ayat-ayat Al-Qur’an yang menjelaskan tentang Melestarikan Lingkungan
    1. Qs.Ar-Rahman : 41-42
    2. Qs.Al-Baqarah : 204-206
    3. Qs.Al-Furqan : 45-50


    pengalaman saya :
    tidak membuang sampah sembarangan, karena dampak dari membuang sampah sembarangan adalah akan merusak pemandangan, mendatangkan bau yang tidak sedap, mendatangkan banjir level rendah sampai yang tinggi, mendatangkan berbagai penyakit dan dapat mencemari lingkungan, maka dari itu saya tidak membuang sampah sembarangan

    BalasHapus
  46. Nama: MOH NAUFAL GAHTAN Albi J
    KLS:XIMIPA2
    Upaya Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup Di Masyarakat
    Selain dari rumah, upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup dapat juga kita lakukan di masyarakat dengan melakukan gutong royong dan menjaga kebersihan bersama
    Contoh: 1.tidak membuang sampah sembarangan

    BalasHapus
  47. Nama : Ulul Azmi
    Kelas : XII MIPA 2
    Absen : 19

    Saya mengambil bab 2 yang berjudul "Berpikir positif dan sabar dalam menghadapi ujian dan cobaan".
    Dalam bab ini kita diajarkan diajarkan untuk sabar dalam menghadapi cobaan dan ujian, sabar berarti menghadapi hal-hal yang tidak disukai karena mengharapkan Ridha Allah.Dan sesungguhnya Allah tidak akan memberi ujian dan cobaan melainkan sesuai dengan kemampuannya.Ujian dan cobaan bisa berupa hal-hal yang menyakitkan dan hal-hal yang menyenangkan.Dalam QS.Al-Baqarah(2):155-157,kita diajarkan ketika terkena musibah atau cobaan hendaknya mengucapkan "innalilahi wa innailaihi Raji'un",mereka yang mengucapkannya akan mendapat keberkahan dan Rahmat dari Allah. Contoh dalam kehidupan sehari-hari saya : Saya pernah ingin pergi keluar rumah tapi saat itu juga turun hujan saya sangat ingin pergi saat itu juga tapi terhalang hujan saya pun memutuskan untuk menunggu sampai hujan reda, ketika menunggu hujan reda sambil main hanphone ada berita bahwa terjadi badai dijalan yang akan saya lewati, untung saja saya tidak berangkat saat hujan tadi. Dari kejadian ini saya mengambil hikmah bahwa " jika hal yang kau senangi tidak terjadi, maka senangilah hal yang terjadi " sesungguhnya pilihan Allah adalah yang terbaik untuk kita.

    BalasHapus
  48. Nama : Hikmatul Maulidia (08)
    Kelas : XII Agama

    BAB IV KERJASAMA DAN GOTONG ROYONG

    - Gotong royong berarti mengangkat secara bersama-sama atau mengerjakan sesuatu secara bersama-sama untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan.
    - Manfaat melakukan kegiatan gotong royong yaitu Menumbuhkan rasa dan sikap saling tolong menolong, sukarela, saling membantu, dan mempunyai sifat kekeluargaan.

    Contoh penerapan kegiatan gotong royong dalam kehidupan sehari hari yaitu:
    1. Mengerjakan tugas kelompok bersama sama
    2. Mengikuti kegiatan kerja bakti secara bersama di sekolah, rumah, maupun masyarakat
    3. Saling membantu saat terkena musibah
    4. Menghormati perbedaan
    5. Membantu ibu memasak didapur

    Kegiatan kerjasama dan gotong royong tersebut terdapat didalam:
    - QS. al-Maidah (5): 2
    - QS. al-‘Asr (103): 1-3
    - QS. At-Taubah (9): 71

    BalasHapus
  49. Sri Ahmaniah Indriyani
    XII BAHASA
    bab 1 MEMBUDAYAKAN POLA HIDUP SEDERHANA DAN MENYANTUNI DHUAFA
    disini saya akan mengambil contoh dari surah Al Maun, Surat ini menunjukkan perintah untuk saling memberi. Bahkan sekecil apapun bantuan yang diberikan
    kepada orang yang membutuhkan sangat berpengaruh pada keimanan seseorang. Di bab ini kita juga diajarkan
    1. Allah melarang umat Islam bersikap berlebih-lebihan dan melampaui batas, bahkan dalam urusan ibadah.
    2. Membelanjakan harta secara berlebihan (boros) adalah bentuk bentuk dari kesombongan dan keangkuhan.
    3. Islam mendorong umatnya saling gemar memberi, dan mencela orang orang yang hanya meminta-minta.

    Yang akan saya lakukan untuk menerapkan pembelajaran bab 1 ini, saya akan berusaha untuk mencoba tidak boros dan menyisihkan sebagian harta yang saya punya untuk berbagi

    BalasHapus
  50. Nama: Epatul hasanah (03)
    Kelas : Xll Bahasa

    BAB III
    Melestarikan Lingkungan

    Kejadian-kejadian di alam itu membuat ketidakseimbangan alam seperti perubahan musim, cuaca yang ekstrim, kemarau yang berkepanjangan yang menyengsarakan manusia.
    Allah juga menjelaskan kepada manusia bahwa kerusakan yang terjadi di muka bumi
    adalah
    karena perilaku manusia sendiri. Baik disebabkan perilaku maksiat maupun kesalahan pengelolaan bumi.
    Terkait dengan alam, mereka menunjukkan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan, tetapi
    sesungguhnya merekalah yang merusak kelestarian alam. Mereka akan mendapat balasan atas
    perbuatan mereka berupa neraka Jahannam.
    Keteraturan dan harmoni di alam, memberi pesan agar manusia sebagai khalifah Allah untuk menjaga kelestarian alam sebaik mungkin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di bab ini kita diajarkan
      1. Allah melarang umat manusia untuk melakukan kerusakan di muka bumi ini
      2. Tindakan merusak tanaman bisa terwujud dalam bentuk illegal logging (penebangan liar),
      menggunakan pupuk kimia yang berlebihan, termasuk pembakaran hutan.
      3. Ciri utama orang munafik adalah suka membuat kerusakan

      Hapus
  51. Nama:issetul Farida
    Kelas:XII Bahasa
    BAB 4
    HR Abu Dawud dari Abu Darda, menjelaskan keutamaan orang yang mencari ilmu. Begitu besarnya pahala yang
    diberikan oleh pencari ilmu, Allah menjanjikan surga. Bahkan para penghuni bumi yang lain ikut mendoakan untuk yang bersangkutan. Keutamaan ahli ilmu diumpamakan bulan purnama yang terang benderang, tidak sebanding dengan bintang-bintang yang lain.
    Perkembangan ilmu pengetahuan dan kemajuan teknologi harus diimbangi dengan penyiapan
    mental dan penguatan karakter, sehingga pengguna dan penikmat teknologi tidak menjadi
    korban kemajuan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengalaman pengguna teknologi bagi saya sebagai pelajar yaitu, meningkatkan minat belajar karena adanya bantuan visual dan audio

      Issetul Farida.

      Hapus
  52. Nama : Maula Arifin
    Kelas : XII Bahasa
    No Ab : 8
    Bab : 2 *Berpikir Positif dan Sabar dalam menghadapi Ujian dan Cobaan*

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Yth. Bapak Imam
    Saya akan menjelaskan tentang materi dalam bab 2 yaitu
    Dalam Bab 2 ini kita diajarkan bahwa setiap manusia pasti akan mendapatkan ujian ataupun cobaan berat maupun ringan
    Namun setiap manusia pasti diberikan cobaan yang sesuai dengan kemampuan dan keimanan manusia,semakin sabar seorang itu,maka orang itu akan diberikan kebaikan di sisi allah SWT
    dan ada ayat yang menjelaskan pada bab 2 pada materi yaitu
    QS Al-Baqarah (2) 155-157
    QS Al-Imran (3) 186
    dan tidak hanya ayat yang menjelaskan adapula hadits yaitu
    HR. Muslim dari Suhaib dan HR. Tirmidzi dari Mus’ab bin Sa’ad
    HR. Tirmidzi dari Mus’ab bin Sa’ad
    dalam kehidupan saya sehari hari banyak sekali cobaan dan ujian yang sangat menguji kesabaran dan amarah saya,contoh yaitu saat saya mengendarai sepeda motor maupun mobil,ada saja manusia baik yang menerobos lampu lalu lintas lalu menabrak saya,dan manusia baik tersebut tidak bertanggung jawab dan hanya kabur seperti orang belum makan 2 hari,namun baiknya saya bersabar dan menjadikan itu sebagai ujian maupun cobaan
    demikian penjelasan materi bab 2 dari saya Maula Arifin
    Wassalamualaikum Wr. Wb.

    BalasHapus
  53. Nama : Jasmin Wel Marjen
    Kelas : XII Bahasa
    No absen : 07

    saya mengambil bab 2 yang ber judul " berpikir positif dan dan sabar dalam menghadapi ujian dan cobaan "
    Dalam bah ini kita bisa belajar bahwa sebaiknya kita selalu berpikir positif dan juga sabar dalam menghadapi cobaan dan ujian, sabar yang di maksud adalah kita harus senantiasa sabar dalam menghadapi apa yang tidak sesuai dengan kemauan kita, dan juga sabar kitika kita sedang marah agar kita masih bisa berpikir positif dan juga sikap sabar bisa mendapatkan ridha Allah SWT,
    Dan sesungguhnya Allah tidak akan memberi ujian dan cobaan melainkan sesuai dengan kemampuannya.Ujian dan cobaan bisa berupa hal-hal yang menyakitkan dan hal-hal yang menyenangkan.Dalam QS.Al-Baqarah(2):155-157, kita di ajarkan ketika terkena musibah ataupun cobaan hendaknya mengucapkan kalimat "innalillahi wa innailaihiraji'un" mereka yang mengucapkan kalimat tersebut akan mendapat berkah dan rahmat dari Allah SWT. Contoh dalam kehidupan sehari hari :
    Ketika saya ingin berkunjung ke rumah teman saya, tetapi tidak jadi karena orangtua saya tidak mengizinkan sehingga saya tidak mood, setelah beberapa saat ketika saya menonton berita di handphone saya melihat ada tumpahan minyak karena truknya bocor, sehingga minyak tumpah ke jalan raya, sehingga menyebabkan banyak laka lantras karena aspal licin. Dari ini saya belajar bahwa hal kita harus sabar dalam mengambil keputusan, karena belum tentu hal yang kita inginkan baik, karena pilihan Allah SWT lah yang baik

    BalasHapus
  54. Nama : Siti Aisyah
    Kelas : Xll bahasa

    Saya mengambil bab
    BAB ll
    " BERPIKIR POSITIF DAN SABAR DALAM MENGHADAPI UJIAN DAN COBAAN "
    1. Sabar berarti menahan dari hal-hal yang tidak disukai karena mengharap ridha Allah
    2. Allah pasti akan memberi ujian dan cobaan kepada setiap manusia
    3. Ujian dan cobaan Allah sesuai dengan kemampuan manusia dalam menerima ujian dan
    cobaan tersebut
    4. Besarnya pengorbanan dalam bersabar, maka orang yang mampu melakukannya akan
    mendapat balasan yang baik di sisi Allah
    5. Ujian dan cobaan bisa berupa hal-hal yang menyakitkan, dan berupa hal-hal yang
    menyenangkan
    6. Bentuk sabar bisa berupa: sabar dalam menjalankan ketaatan kepada Allah, sabar dalam
    menahan untuk tidak bermaksiat dan sabar dalam menghadapi musibah.

    BalasHapus
  55. Nama : Moch Sandy Prayoga
    Kelas : XII Bahasa
    No : 10
    Bab 2 tentang ujian dan cobaan

    Saya akan menjelaskan tentang materi dalam bab 2 yaitu
    Dalam Bab 2 ini kita diajarkan bahwa setiap manusia pasti akan mendapatkan ujian ataupun cobaan berat maupun ringan
    Namun setiap manusia pasti diberikan cobaan yang sesuai dengan kemampuan dan keimanan manusia,semakin sabar seorang itu,maka orang itu akan diberikan kebaikan di sisi allah SWT
    dan ada ayat yang menjelaskan pada bab 2 pada materi yaitu
    QS Al-Baqarah (2) 155-157
    QS Al-Imran (3) 186
    dan tidak hanya ayat yang menjelaskan adapula hadits yaitu
    HR. Muslim dari Suhaib dan HR. Tirmidzi dari Mus’ab bin Sa’ad
    HR. Tirmidzi dari Mus’ab bin Sa’ad
    dalam kehidupan saya sehari hari banyak sekali cobaan dan ujian yang sangat menguji kesabaran dan amarah saya,contoh yaitu saat saya mengendarai sepeda motor tidak memakai helm dan di tilang polisi, dan diminta stnk dan SIM.

    Wassalamu'alaikum
    Makasih

    BalasHapus
  56. Nama : Saida Tina H.
    Kelas : Xll - Bahasa

    Bab 1
    MEMBUDAYAKAN POLA HIDUP
    SEDERHANA DAN MENYANTUNI
    DHUAFA
    Pola hidup sederhana adalah hidup dengan tidak berlebih-lebihan dengan penuh kesombongan, namun hidup dengan penuh kesederhanaan. Menyantuni kaum dhuafa adalah membantu orang-orang lemah yang hidup dengan serba kekurangan, agar kesusahan mereka dapat diringankan.
    Sebagaimana firman allah di QS. al-Isra’ (17): 26–30 :
    Artinya :"Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan
    orang yang dalam perjalanan; dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara
    boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara setan dan setan itu adalah
    sangat ingkar kepada Tuhannya. an jika kamu berpaling dari mereka untuk memperoleh rahmat
    dari Tuhanmu yang kamu harapkan, maka katakanlah kepada mereka ucapan yang pantas. Dan
    janganlah kamu jadikan tanganmu terbelenggu pada lehermu dan janganlah kamu terlalu
    mengulurkannya karena itu kamu menjadi tercela dan menyesal. Sesungguhnya Tuhanmu
    melapangkan rezeki kepada siapa yang Dia kehendaki dan menyempitkannya; sesungguhnya Dia
    Maha Mengetahui lagi Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya.
    - Pengalaman hidup sederhana pada saya sendiri yaitu : saya pernah membeli satu makanan untuk dimakan ber 8 dengan teman saya waktu itu kita sedang berada di bazar karna uang yg kami bawa pas pasan jadi kita saling membagi makanan, menurut saya hal itu adalah Pengalaman hidup yg sederhana namun bermakna.
    - pengalaman menyantuni dhuafa : saya pernah menyumbangkan baju baju saya yg sudah tidak muat kepada orang kurang mampu di kampung saya, kemudian anak yg pernah saya berikan baju itu datang ke rumah dan memberikan saya garam sekarung.
    Penerapan dikehidupan sehari hari
    1. Kita harus banyak bersyukur
    2. Menahan nafsu
    3. Tidak berlebihan (secukupnya)
    4. sering bersedekah
    5. Peduli antar sesama

    Cukup sekian jawaban saya kurang lebihnya mohon maaf Wassalamualaikum.

    BalasHapus
  57. Nama: Hilyatun Nisa'
    Absen: 05
    Kelas: XII Bahasa
    Bab III (Melestarikan Lingkungan)

    Pada bab ini kita diajarkan untuk menjaga lingkungan alam baik di daratan maupun di lautan agar tidak rusak karena perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab, dengan melestarikan lingkungan kita dapat menyelamatkan lingkungan dari hilangnya spesies, dan kerusakan ekosistem terutama karena polusi dan aktivitas manusia.

    Sebagaimana dijelaskan di dalam Al-Qur'an dan Hadits berikut:
    1. QS. Ar-Rum [30]:41-42
    kerusakan alam disebabkan karena perbuatan manusia dan mereka merasakan akibat dari perbuatannya.

    2. QS. Al-Baqarah [2]:204-206
    menegaskan perangai orang-orang munafik. Termasuk sikap mereka terhadap kelestarian lingkungan, karena mereka menunjukkan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan, tetapi
    sesungguhnya merekalah yang merusak kelestarian alam.

    3. Q.S. Al-Furqan [25]:45-50
    menunjukkah bahwa Allah telah mengatur alam semesta sedemikian rupa, sehingga segala sesuatu menemukan hikmah dan manfaatnya.

    4. QS. Shad [38]:27
    semua ciptaan Allah mengandung hikmah, tidak ada yang sia-sia.

    5. HR. Bukhari Muslim dari Anas bin Malik
    menanam tanaman tau pohon sangat bermanfaat bagi makhluk lain dan menjadi sedekah bagi yang menanamnya.

    •Cara Menerapkan Dalam Kehidupan Sehari-hari
    →Tidak membuang sampah sembarang
    →Mendaur ulang sampah plastik
    →Menanam pohon
    →Menjaga flora dan fauna langka
    →Menjaga kelestarian hutan

    BalasHapus
  58. Nama : AMIN ANSORI
    No.Abs. : 02
    Kelas : XII Bahasa

    Assalamualaikum wr.wb.
    Saat ini saya mengambil bab 4 tentang kerjasama dan gotong royong,gotong royong merupakan istilah bekerja bersama untuk mencapai suatu hasil yang di inginkan.istilah ini berasal dari bahasa jawa gotong yang berarti " menangkat" sedang royong " bersama" , gotong royong digunakan sebagai bentuk solidaritas sosial, terbentuk karna adanya bantuan dari pihak lain, untuk kepentingan pribadi ataupun kepentingan kelompok sehingga di dalamnya terdapat sikap loyal dari setiap warga sebagai satu kesatuan.allah swt menegaskan bahwa prinsip dasar dalam menjalani kerjasama adalah harus dengan siapapun selama memilik tujuan kemaslahatan umum.untuk gotong royong sendiri saya pernah bahkan sering untuk melakukannya, seperti waktu saat membersihkan saluran air yang macet dengan bersama, karna dengan gotong royong semua akan terasa lebih mudah untuk mencapai sesuatu.

    cara saya menerapkannya :
    1).mengerjakan tugas kelompok bersama sama.
    2).mengikuti kegiatan kerja bakti.
    3).menghormati perbedaan.

    Dalam kehidupan pribadi saya, saya pernah mengikuti kerja bakti untuk membersihkan selokan yang sudah mampet karena sudah lama tidak di bersihkan.

    BalasHapus
  59. Nama : Aleisya Civika Adisty Nugroho (01)
    Kelas : XII Bahasa

    Assalamu'alaikum bapak,

    Saya akan menjelaskan tentang materi Al-Qur'an Hadits Bab 3 yaitu mengenai melestarikan lingkungan

    Pada bab ini dijelaskan 4 Surah dan 1 Hadits, yaitu :
    1. Ar-Rum ayat 41-42 (mengenai firman Allah bahwa kerusakan yang terjadi di muka bumi ini tak lain karena ulah manusia)
    2. Al-Baqarah ayat 204-206 (mengenai sikap orang munafik terhadap kelestarian lingkungan)
    3. Al-Furqan ayat 45-50 (mengenai Allah sebagai sebaik-baik pencipta di muka bumi ini)
    4 Shad ayat 27 (mengenai firman Allah bahwa setiap makhluk hidup bermanfaat di muka bumi ini
    5. HR. Bukhari Muslin (mengenai manfaat tanaman terhadap makhluk lain)
    Oleh karena itu sangat penting sekali bagi kita untuk dapat melestarikan lingkungan dan ikut serta menjaganya.

    Dalam kehidupan saya sendiri, hal yang sudah saya lakukan untuk melestarikan lingkungan adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan, membersihkan rumah, serta senantiasa menyiram tanaman yang ada di sekitar halaman rumah saya.

    Sekian,
    Wassalamua'alaikum wr. wb.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PAS ILMU TAFSIR XII AGAMA

Assesment Ilmu Tafsir